Wednesday, March 16, 2011

Teluk kelasa padi dan sawit


Selamat datang di desa Teluk kelasa.
Dahulu desa teluk kelasa adalah salah satu penghasil gabah/padi di kec. keritang,tapi pada saat ancaman krisis pangan dunia,justru petani padi malah berloba-loba untuk menggantikan lahan pertaniannya ke kelapa sawit.hal inilah yang membuat hasil pertanian padi di desa teluk kelasa kian kurang hasil padi setiap tahunnya.
Bukan tidak mungkin ancaman krisis pangan akan terjadi di kab.Inhil,Riau dan pertambahan peduduk yang semakin pesat membuat ancaman krisis pangan yang nyata di massa mendatang.banyakny alih fungsi lahan pertanian ke kelapa sawit salah satu faktor dan hasil padi yang tidak seimbang dengan kebutuhan hidup petani membuat lahan pertani di gantikan kelapa sawit,untuk mengimbangi kubutuhan hidup yang semakin mahal.
Proses hasil padi yang cukup lama dan hasil yang tidak memadai untuk kebutuhan hidup sehari-hari memaksa alih fungsi lahan pertanian ke kelapa sawit.
Untuk menggembalikan hasil padi para petani perlu adanya sosialisasi tentang ancaman krisis pangan dan harga yang layak untuk para petani padi,dengan begitunya taraf hidup petani padi akan sejahtera dan tidak akan menggatikan lahan pertaniannya ke kelapa sawit.klau banyak petani padi yang hidupnya sejahtera dan anak-anak bisa sekolah yang lebih tinggi buka tidak mustahil akan banyak petani-tani lain yang tidak akan beralih ke kelapa sawit,dan ancaman krisis pangan akan dapat di lewati.

3 comments: